Tentang Institut Teknologi Telkom Jakarta

Transformasi dari Akademi Telkom Jakarta Pada 2002 Sampai 2021
Mewisuda 16 Angkatan
Fasilitas

KAMPUS-1 ITTELKOM JAKARTA

Kondisi lahan Kampus-1 ITTelkom Jakarta adalah sebesar 9.230 m2, sedangkan luas bangunannya sekitar 3,701.68 m2. Untuk sarana dan prasarananya terdiri dari 8 ruang kuliah, 1 ruang Dosen dan Staf seluas 93.90 cubical, 12 ruang laboratorium, 5 uang administrasi, 7 sarana fasilitas umum, dan 3 sarana fasilitas mahasiswa.


PRASARANA UPACARA DAN OLAHRAGA

Selain fasilitas perkuliahan,ITTelkom Jakarta juga memiliki lapangan upacara yang digunakan ketika memperingati acara-acara penting kapasistas kutang lebih 1500 orang. Terdapat pula lapangan olahraga untuk futsal, voli, badminton, Tenis Meja dan basket yang selalu digunakan oleh mahasiswa dalam aktivitas kemahasiswaan.


STUDENT CENTER

Student center biasanya digunakan mahasiswa sebagai tempat berkumpul, diskusi, pertemuan UKM dan Ormawa. Di Student Center juga disediakan akses Wifi yang cepat.


KANTIN DAN KOPERASI

Fasilitas kantin yang nyaman dengan harga standar mahasiswa juga tersedia di lantai 2 gedung ITTelkom Jakarta. Selain itu kampus menyediakan Koperasi yang dikelola Unit mahasiswa dalam melayani ATK belajar mengajar, jasa Print & Fotocopy yang bertujuan untuk menumbuhkan Enterpreneurship mahasiswa.


GREEN KAMPUS

Isu green campus memang menjadi perhatian utama manajemen dalam pengembangan institusi. Tindakan yang sudah dilakukan untuk mendukung green campus ini adalah dengan membuat berbagai kebijakan terkait dengan penggunaan plastik, paper less, dan penghijauan area kampus. Tentu ini menjadi tanggung jawab bersama karena green campus tidak hanya terkait dengan fisik tetapi juga budaya orangnya.


JARINGAN INTERNET

Infrastruktur jaringan internet merupakan hal yang paling mendasar dalam menunjang bisnis proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dan juga operasional harian kampus. ITTelkom Jakarta terus berupaya memberikan layanan koneksi internet yang terbaik untuk semua civitas kampus. Dari yang awalnya pihak kampus memfasilitasi internet melalui layanan wifi.id, dimana para pengguna dapat mengakses internet dengan biaya lebih murah, dan koneksi yang stabil juga cepat dibanding paket data mobile phone. Lalu di akhir tahun 2019 kampus ITTelkom Jakarta memfasilitasi internet gratis untuk seluruh civitas kampus. Adapun koneksi yang dimiliki adalah Metro-E & Astilite dengan bandwidth masing-masing sebesar 50 Mbps. Seluruh area gedung yang digunakan untuk proses KBMpun seluruhnya sudah tercover oleh jaringan wifi. Dengan tercovernya seluruh area KBM di ITTelkom Jakarta diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan proses pembelajaran, dan juga menunjang operasional harian staf administrasi. Seiring berjalannya waktu pengembangan infrastruktur jaringan internet terus dilakukan mengikuti perkembangan dari sarana & prasarana kampus.


KAMPUS-2 ITTELKOM JAKARTA

Berdasarkan Akta Perjanjian Sewa Menyewa No. 2 tanggal 21 April 2021 Notaris Lolani Kurniati Irdham-Idroes, SH., LLM, tepatnya Kamis bertempat di Jakarta, tanggal Dua Puluh Sembilan bulan April tahun Dua ribu dua puluh satu (29-04-2021) telah dibuat dan ditandatangani Berita Acara Penyerahan Objek Sewa oleh dan antara HENRIYANTO INDRIAWAN selaku Direktur PT. Merpati Metro yaitu pemilik Gedung dengan DODI IRAWAN selaku Director of General Support Yayasan Pendidikan Telkom bahwa disepakati Objek Sewa berupa Lahan di lokasi Jalan Halimun Raya Nomor 2A, RT 010, RW 006, Kelurahan Guntur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, termasuk Gedung Lantai 3 dan Lantai 4 yang berdiri di atas lahan tersebut termasuk fasilitasnya.

Gedung yang disewa 2 tahun kedepan (2023) memiliki luas lahan 1.332 m2 dengan luas bangunan 1.288 m2. Bangunan ini menunjang cukup dengan lengkap terkait fasilitas sarana dan prasarananya, dari ruang dosen, ruang kuliah, lab, perpustakaan, lift dan lainnya. Di lantai 1 misalnya, terdapat ruang Dekan, ruang kuliah, ruang SPMI, ruang LPPM, ruang kemahasiswaan, ruang keuangan, ruang logistik, ruang akademik, ruang career development center dan musholla.

Adapun rincian, data bangunan sebagai berikut :

  • Ruang kelas : 8
  • Ruang Dosen : 3
  • LPPM : 1
  • SPMI : 1
  • BAA, CDC, Kemahasiswaan : 1
  • Perpustakaan : 1
  • Lab : 6
  • Kantin : 1
  • Musholla : 1
  • UKM : 3
  • Parkir

Saat ini, program studi yang telah disetujui oleh Dikti adalah prodi S1 Teknik Telekomunikasi (TT), S1 Teknologi Informasi (TI) dan Sistem Informasi (SI). Untuk selanjutnya di tahun yang sama (2021), ditargetkan akan diajukan prodi Prodi S1 Informatika (IF) dan S1 Desain Komunikasi Visual (DKV).

Untuk luas ruang kuliah, ruang dosen dan perpustakaan tentunya kami comply dengan aturan LLDikti Wilayah 3 misalnya Kapasitas maksimum ruang kuliah adalah 25 orang dengan standar luas ruang 2m2/mahasiswa, luas minimum 20 m2 dan Rasio luas ruang perpustakaan adalah 0,2 m2 per mahasiswa satuan pendidikan tersebut, dengan luas total minimum 200 m2 dan lebar minimum 8 m.

http://lldikti6.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2019/10/Paparan-LLDikti-VI-23-Okt.pdf 

Kontak Kami Daftar Sekarang
Institut Teknologi Telkom Jakarta
©2021, Institut Teknologi Telkom Jakarta.
Kontak
+62(21)5451697
+6281197800200
sekretariat@ittelkom-jkt.ac.id
FacebookYoutubeInstagram
Lokasi Kampus
Jalan Daan Mogot KM.11, RT.1/RW.4, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11710
Buka Map

Jakarta, ID

Weather in Jakarta, ID

26°C

and rising

haze

Wind: 1.5 m/s Calm

Lokasi Kampus 2
Jalan Halimun Raya Nomor 2A, RT 010, RW 006, Kelurahan Guntur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta
Buka Map