Beasiswa APERTI BUMN 2022 Resmi Dibuka

beasiswa-aperti

BANDUNG, (11/06) Beasiswa Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN) yang terdiri dari Delapan perguruan tinggi berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi dibuka. Program beasiswa untuk putra-putri lulusan SMA/K di seluruh Indonesia ini untuk kali pertama diikuti oleh ITTelkom Jakarta setelah bergabung dengan APERTI BUMN di tahun 2022 ini.

Kedelapan perguruan tinggi tersebut diantaranya adalah Telkom University (Tel-U), Universitas Pertamina, Institut Teknologi PLN (IT PLN), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), IT Telkom Surabaya (ITT Surabaya), Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITT Purwokerto), Institut Teknologi Telkom Jakarta (ITT Jakarta) dan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) (dh/STIMLOG dan Poltekpos).

Dalam acara launching program beasiswa yang berlangsung secara daring melalui Zoom, pada Sabtu (11/6), ketua APERTI BUMN yang juga merupakan Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya menyampaikan bahwa pada tahun ini APERTI BUMN kembali memberikan beasiswa kepada putra-putri terbaik bangsa.

Program Beasiswa ini diberikan kepada lulusan SMA/K tahun 2021 atau tahun 2022 yang berminat mengikuti perkuliahan jenjang S1/Diploma pada salah satu dari delapan perguruan tinggi dibawah APERTI BUMN. Benefit yang diperoleh penerima beasiswa yaitu mendapatkan beasiswa penuh 100% selama masa studi di perguruan tinggi yang dipilihnya.

Dalam sesi Press Converence, Dr. Ir. Agus Achmad Suhendra, M.T selaku Rektor ITTelkom Jakarta turut menjawab pertanyaan seputar biaya. “Biaya yang di tanggung bagi penerima beasiswa yang telah lolos tahap seleksi yaitu berupa biaya kuliah sesuai dengan yang ditentukan. Sedangkan living cost yang turut menjadi biaya selama perkuliahan tidak di tanggung. Namun kesempatan mendapat bantuan dari pihak lain masih memungkinkan” ujarnya.

Sebagai Informasi tambahan, tahun ini APERTI BUMN membuka kuota 40 mahasiswa baru yang terpilih, dan akan memperoleh beasiswa full 100% selama masa studi di universitas yang dipilihnya. Dalam proses pendaftaran sudah dimulai sejak 11 Juni 2022, di mana proses seleksi mencakup seleksi akademik (termasuk mengajukan nilai rapor) dan wawancara secara online.

Berikut merupakan persyaratan untuk mendaftar program beasiswa APERTI BUMN 2022:

  1. Siswa SMA/SMK/MA lulusan tahun 2021 dan 2022
  2. Melampirkan nilai rapor semester 1 sampai 5
  3. Melampirkan sertifikat jika ada
  4. Berkas pendaftaran di unggal secara online pada website perguruan tinggi yang dipilih
  5. Peserta hanya boleh memilih satu (1) tujuan perguruan tinggi

Rentang waktu program beasiswa APERTI BUMN:

Pendaftaran: 11 Juni 2022 sampai 25 Juli 2022

Seleksi Administratif: 5 Juli 2022

Pengumuman Seleksi Administratif: 11 – 13 Juli 2022

Wawancara: 14 sampai 20 Juli 2022

Pengumuman: 25 Juli 2022

Perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN telah memiliki spesialisasi yang sangat dibutuhkan oleh dunia industri, , TEL-U di bidang teknologi informasi dan komunikasi, Universitas Pertamina di bidang energi,  UISI di bidang bisnis dan teknologi persemenan, ITT Surabaya di bidang teknologi komunikasi, IT PLN memiliki spesialisasi di bidang ketenagalistrikan, ITT Purwokerto dibidang Healthcare, Agro-industry, Tourism, dan Small-Medium Enterprise, ITT Jakarta berfokus pada aplikasi di bidang industri kreatif, ekonomi digital dan kewirausahaan, dan ULBI dalam bidang logistik, supply chain management & e-commerce.

Kelebihan yang sama-sama dimiliki oleh Perguruan Tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN ini adalah kedekatannya dengan industri, yang memungkinkan anggotanya berkolaborasi untuk mengimplementasikan konsep Triple Helix (Academic, Business, and Government).

Dalam ruang lingkup pendidikan, APERTI BUMN akan berkontribusi dalam bidang pendidikan bagi masyarakat kurang mampu di Indonesia dengan mekanisme pembiayaan CSR BUMN. CSR BUMN akan menjadi sangat bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi. Hasilnya bahkan dapat dimanfaatkan oleh BUMN itu sendiri. Selain itu, kerja sama APERTI BUMN dengan BUMN diharapkan dapat menciptakan efisiensi dari sisi operasional pelaksanaan pendidikan, seperti dalam hal penyusunan kurikulum dan penyetaraan mata kuliah, pertukaran dosen, serta pemanfaatan fasilitas seperti laboratorium dan perpustakaan.

Informasi Pendaftaran Beasiswa APERTI BUMN ITTelkom Jakarta dapat diakses melalui Link berikut :

https://pmb.ittelkom-jkt.ac.id/

#ittelkomjkt https://ittelkom-jkt.ac.id

Artikel
Lainnya

sucsess stories

Deduksi Keilmuan : Deskripsi Deduktif

Oleh Dr. Daduk Merdika Mansur | Peneliti Human Resource Development Deduksi Keilmuan : Deskripsi Deduktif (Lanjutan Series Part Sebelumnya ). Perilaku Deduktif adalah cara berpikir yang

Read More »
fashion

Sub Sektor Ekonomi Kreatif : Fashion

Begitu dinamisnya tren tersebut saat ini, membuka peluang besar bagi perkembangan sub sektor ekonomi kreatif ini. Terlebih dengan pangsa pasar usia produktif 17-25 tahun yang tertarik

Read More »
beasiswa-aperti

Beasiswa APERTI BUMN 2022 Resmi Dibuka

BANDUNG, (11/06) Beasiswa Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN) yang terdiri dari Delapan perguruan tinggi berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi dibuka. Program beasiswa

Read More »

No Comments on Beasiswa APERTI BUMN 2022 Resmi Dibuka

Leave A Comment