Deduksi Keilmuan : Deskripsi Deduktif

sucsess stories

Oleh Dr. Daduk Merdika Mansur | Peneliti Human Resource Development

Deduksi Keilmuan : Deskripsi Deduktif (Lanjutan Series Part Sebelumnya ). Perilaku Deduktif adalah cara berpikir yang mengimplementasikan sesuatu yang umum dan selanjutnya dikaitkan dengan aspek-aspek khusus. Secara umum adalah penarikan kesimpulan dari situasi yang umum, memperoleh yang khusus dari hal yang umum. Pendekatan atau metode deduktif merupakan sesuatu yang memakai logika untuk membuat satu atau lebih kesimpulan berlandaskan beberapa premis yang diberikan.

Pada metode deduktif kebenaran sudah dipahami secara umum, selanjutnya kebenaran tersebut akan mencapai pengetahuan baru mengenai isu atau indikasi khusus. Bila disimpulkan deduksi adalah aktivitas berpikir yang berdasar pada hal umum (teori, konsep, prinsip, keyakinan) mengarah ke khusus. Berlandaskan hal yang umum mengarah kepada kesimpulan yang khusus yang adalah elemen dari masalah atau kejadian.

Saat melaksanakan proses deduktif, kita harus selalu memulai dengan dalil atau teori yang sudah diakui validitasnya. Maksud dari perilaku secara deduktif adalah membedah dan menerapkan secara nyata dali atau teory baku tersebut.

Maksud Perilaku Deduktif

Merupakan metode yang pada aktivitas berpikirnya diawali dari sesuatu yang umum mengarah ke khusus, dan pada saat memutuskan kesimpulannya memakai logika.

Perilaku deduktif memiliki caranya tersendiri dalam melakukan prosesnya. Selain berbeda dengan perilaku induktif, perilaku deduktif juga memakai pendekatan yang berbeda pula yakni Top-Down.

Bila dipahami lebih lanjut perilaku deduktif merupakan perilaku yang memiliki kategori untuk aktivitas pengujian hipotesis yang bertujuan untuk memvalidasi sebuah teori. Lain halnya pada perilaku induktif yang menciptakan sebuah pengetahuan baru, perilaku induktif lebih pada untuk menguji sebuah teori.

Perilaku deduktif tidak berupaya untuk mencari pola pada data namun memakai observasi dengan artian untuk memverifikasi sebuah pola. Ini dipakai peneliti untuk memanipulasi teori.

Pendekatan ini sangat akrab dengan perilaku kuantitatif, yang mana peneliti akan berupaya untuk menemukan sebab akibat dan mempresentasikan sebuah analisis statistik.

Langkah Deduktif

Pendekatan perilaku deduktif terdiri dari tiga langkah di antaranya adalah sebagai berikut

1. Mulai dengan dalil teori yang sudah ada

Bersyukurlah, maka nikmat-KU akan KU tambah

2. Merumuskan hipotesis berdasarkan teori yang ada

  • Jika kita bersyukur, maka nikmat yang dikaruniakan kepada kita akan bertambah.
  • Jika saat ini karunia kenikmatan dalam hidup kita masih datar-datar saja, berarti tingkat bersyukur kita juga masih rendah.
  • Agar hidup kita semakin berkualitas, maka kita harus meningkatkan kualitas bersyukur kita

3. Kumpulkan data untuk menguji hipotesis

  • Pengusaha sukses mayoritas dermawan.
  • Para professional yang sukses perilakunya penuh dengan penerapan rasa syukur seperti menolong orang, bersedekah, beribadah dengan tertib.
  • Banyak orang gagal dalam hidupnya karena menjauhi implementasi rasa syukur.

#ittelkomjkt https://ittelkom-jkt.ac.id

Artikel
Lainnya

sucsess stories

Deduksi Keilmuan : Deskripsi Deduktif

Oleh Dr. Daduk Merdika Mansur | Peneliti Human Resource Development Deduksi Keilmuan : Deskripsi Deduktif (Lanjutan Series Part Sebelumnya ). Perilaku Deduktif adalah cara berpikir yang

Read More »
fashion

Sub Sektor Ekonomi Kreatif : Fashion

Begitu dinamisnya tren tersebut saat ini, membuka peluang besar bagi perkembangan sub sektor ekonomi kreatif ini. Terlebih dengan pangsa pasar usia produktif 17-25 tahun yang tertarik

Read More »
beasiswa-aperti

Beasiswa APERTI BUMN 2022 Resmi Dibuka

BANDUNG, (11/06) Beasiswa Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN) yang terdiri dari Delapan perguruan tinggi berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi dibuka. Program beasiswa

Read More »

No Comments on Deduksi Keilmuan : Deskripsi Deduktif

Leave A Comment