Sub Sektor Ekonomi Kreatif : Desain Produk

desain-produk-sub-sektor

Sub Sektor Ekonomi Kreatif : Desain Produk

Desain produk adalah menciptakan produk baru untuk dijual oleh suatu bisnis kepada pelanggannya. Hal ini dapat di artikan sebagai Sebuah koefisien yang sangat luas dan generasi yang efektif dan pengembangan ide melalui proses yang mengarah pada produk baru. Tentu saja penciptaan produk baru ini tidak terlepas dari permintaan dari pasar.

Di lihat dari beberapa waktu belakangan ini, Tren sub sektor desain produk ini memiliki tingkat peningkatan yang sangat positif. Didukung dengan jumlah  populasi penduduk Indonesia yang didominasi oleh usia produktif. Pola konsumtif masyarakat dengan tingkat ekonomi yang cukup merata juga turut menyumbang potensi terbentuknya interaksi antara pelaku industri dan pasar pun sangat besar. Ditambah lagi masyarakat dan pasar sekarang memiliki apresiasi terhadap produk yang berkualitas. Hal inilah yang menjadikan Indonesia cukup menjadi target bagi pelaku pengembang produk baru baik dari level nasional hingga internasional.

Mengacu pada persebaran pusat perkembangan kerajinan di Indonesia seperti yang dibahas pada sub sektor sebelumnya. Potensi besar ini turut menjadi angin segar bagi pertumbuhan produk lokal yang mencoba peruntungannya. Tentu saja bekal nekat saja tidak cukup untuk menempatkan diri pada produk inovasi yang diminati masyarakat. Iklim investasi dan support system yang kuat sangat dibutuhkan dalam menghasilkan produk lokal yang mendunia. Peran pesat ini juga membutuhkan anak muda sebagai penerus yang dipersiapkan baik melalui pendidikan formal dan non formal.

Sub sektor desain produk juga didukung oleh para pelaku industri yang memiliki craftmanshift andal. Para desainer produk mampu menggali dan mengangkat kearifan lokal, kekayaan budaya Indonesia yang beraneka ragam, dalam setiap karya-karyanya. Langkah penting yang dapat ditempuh bisa dalam hal. Beberapa pendekatan yang bisa dilakukan untuk sub sektor ini adalah dengan mengelola industri dari hulu ke hilir, bekerja sama dengan berbagai asosiasi untuk meningkatkan penggunaan desain produk lokal Indonesia, dan mendirikan pusat desain sebagai penghubung lintas sub sektor. Untuk jangka panjang, perlu adanya undang-undang atau peraturan yang menetapkan supaya setiap retail dan mal menjual minimal 20-30% produk-produk lokal.

#ittelkomjkt https://ittelkom-jkt.ac.id

source: https://kemenparekraf.go.id/layanan/Subsektor-Ekonomi-Kreatif

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

beasiswa-aperti

Beasiswa APERTI BUMN 2022 Resmi Dibuka

BANDUNG, (11/06) Beasiswa Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN) yang terdiri dari Delapan perguruan tinggi berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi dibuka. Program beasiswa

Read More »

Sub Sektor Ekonomi Kreatif : Musik.

Sub Sektor Ekonomi Kreatif : Musik. Melengkapi sub sektor ekonomi kreatif yang dinikmati dari semua kalangan yaitu musik. Industri yang lekat dengan ekspresi diri melalui kumpulan

Read More »

No Comments on Sub Sektor Ekonomi Kreatif : Desain Produk

Leave A Comment