Pengenalan S1 SISTEM INFORMASI

digital
Sekilas Tentang S1 Sistem Informasi

Program Studi S1 Sistem Informasi di ITTelkom Jakarta berdiri pada 2 Juni 2021. Prodi S1 Sistem Informasi adalah kesatuan rencana belajar yang  merancang, menerapkan dan mengembangkan ilmu yang melandasi sistem  informasi organisasi.

Arah kajian dari program studi ini mencakup disiplin, proses,  teknik dan alat bantu yang dibutuhkan dalam membangun sistem informasi  organisasi. Adapun fokus Program Studi S1 Sistem Informasi adalah pada  teknik yang mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar  kebutuhan organisasi akan informasi dapat terpenuhi.

Visi Program Studi S1 Sistem Informasi

Menjadi Program Studi S1 Sistem Informasi berstandar internasional yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan fokus pada aplikasi di bidang industri kreatif, ekonomi digital dan kewirausahaan untuk mendukung peningkatan daya saing bangsa Indonesia.

Misi Program Studi S1 Sistem Informasi
  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan sistem pendidikan berstandar internasional pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan fokus pada aplikasi di bidang industri kreatif, ekonomi digital dan kewirausahaan;
  2. Mengembangkan dan menyebar-luaskan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diakui secara internasional;
  3. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama penerapannya pada pengembangan industri kreatif, ekonomi digital dan kewirausahaan.

Kurikulum Program Studi S1 Sistem Informasi dirancang dengan total beban 145 SKS untuk lama studi 4 Tahun/8 semester. Mata kuliah yang diajarkan pada Prodi S1 Sistem Informasi dapat dilihat pada laman website disini.

Karier lulusan di Program Studi S1 Sistem Informasi

Lulusan Program Studi S1 Sistem Informasi ITTelkom Jakarta dapat  bekerja pada berbagai sektor, karena objek kajian yang dibahas adalah pada  sistem terintegrasi (meliputi manusia, material, peralatan, energi dan informasi)  yang tersedia di berbagai sektor industri.

Berdasarkan hasil studi kelayakan  yang telah dilakukan terkait kebutuhan dunia kerja, lulusan Program Studi  S1 Sistem Informasi ITTelkom Jakarta dapat memasuki berbagai sektor  industri antara lain industri teknologi informasi dan komunikasi, perbankan &  asuransi, manufaktur, mining, listrik, transportasi, jasa, dan pariwisata. Hal ini  menunjukkan masih terdapat potensi untuk penyerapan lulusan Program Studi  S1 Sistem Informasi ITTelkom Jakarta.

Tiga peluang pekerjaan bagi lulusan Program Studi S1 Sistem Informasi  ITTelkom Jakarta sebagai berikut: 

  1. IT Professional 

Profesi yang dapat dijalankan pada bidang ilmu S1 Sistem Informasi  di antaranya:

  1. Application Developer (Pengembang Aplikasi), 
  2. Business Analyst (Analis Bisnis),  
  3. Business Process Analyst (Analis Proses Bisnis),  
  4. e-Business Manager (Manajer Bisnis Elektronik), 
  5. IT Architect (Arsitek Teknologi Informasi), 
  6. Information Auditing and Compliance Specialist (Spesialis Audit dan  Kesesuaian Informasi),  
  7. IT Operation Manager (Manajer Operasi Teknologi Informasi), Project  Manager (Manajer Proyek),  
  8. Web Content Manager (Manajer Konten Web). 
  1. Technopreneur 

Lulusan Program Studi S1 Sistem Informasi ITTelkom Jakarta  diharapkan memiliki jiwa technopreneurship sehingga mampu  mengembangkan bisnis di bidang ICT diantaranya dapat menjadi:  a. IT Consultant (Konsultan Teknologi Informasi), menyediakan jasa  pengembangan sistem informasi (software specialist),  b. Business Process Outsourcing (penyedia jasa opersional pihak ketiga  untuk proses bisnis tertentu dari perusahaan klien). 

  1. Akademisi 

Lulusan Program Studi S1 Sistem Informasi ITTelkom Jakarta  memiliki kemampuan untuk berperan aktif dalam hal yang terkait sikap  seorang intelektual seperti kritis, analitis, dan mampu menghasilkan karya  ilmiah yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan ilmu  pengetahuan. Peran ini dapat dilakukan diantaranya oleh akademisi  seperti staf pengajar perguruan tinggi (dosen), guru dan staf pengajar pada situs belajar online (seperti Ruangguru, Zenius, Quipper School dan lainnya) serta peneliti di lembaga-lembaga riset dan/atau survey seperti: BRIN.

Mengapa Harus Bergabung di Program Studi S1 Sistem Informasi

Program Studi S1 Sistem Informasi sudah menyiapkan kurikulum yang sesuai dengan kondisi masa kini yaitu terkait digitalisasi industri serta kekhususan dari ITTelkom Jakarta mengangkat tentang kreatif industri, digital ekonomi dan entrepreneurship dan juga kompetensi dosen yang selaras dengan Program Studi S1 Sistem Informasi.

Info lebih lengkap dapat diakses pada website resmi Program Studi S1 Sistem Informasi ITTelkom Jakarta

https://bis.ittelkom-jkt.ac.id

 

Breakthrough Your Limit in Techonology Innovation

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

digital

Pengenalan S1 SISTEM INFORMASI

Sekilas Tentang S1 Sistem Informasi Program Studi S1 Sistem Informasi di ITTelkom Jakarta berdiri pada 2 Juni 2021. Prodi S1 Sistem Informasi adalah kesatuan rencana belajar

Read More »

Pengenalan S1 TEKNOLOGI INFORMASI

Sekilas Tentang S1 Teknologi Informasi Program studi S1 Teknologi Informasi di Institut Teknologi Telkom Jakarta berdiri pada 02 Juni 2021. Prodi S1 Teknologi Informasi mengkaji, menerapkan

Read More »
s1-teknik-telekomunikasi-ittj

Pengenalan S1 TEKNIK TELEKOMUNIKASI

Sekilas Tentang S1 Teknik Telekomunikasi Program studi Sarjana Teknik Telekomunikasi di Institut Teknologi Telkom Jakarta berdiri pada pertengahan 2021. Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi ( S1

Read More »
digital

Prospek Digital Economies Indonesia

Seperti yang diketahui bahwa E-commerce merupakan sektor bisnis yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk melakukan transaksi pembelian dan penjualan produk atau jasa secara elektronis.

Read More »
aplikasi

Sub Sektor Ekonomi Kreatif : Aplikasi

Sub Sektor Ekonomi Kreatif Aplikasi. Seiring dengan meningkatnya penggunaan gawai oleh masyarakat yang tentu saja melalui Smartphone yang berlomba-lomba menampilkan fitur menarik. Hal ini tak lepas

Read More »

No Comments on Pengenalan S1 SISTEM INFORMASI

Leave A Comment