Prospek Digital Economies : Internet, Cloud & transaksi

digital

Prospek Digital Economies : Internet, Cloud & transaksi. Jika pada pembahasan sebelumnya turut mengenai bagaimana e-commerce di Indonesia mengambil peran penting dalam pertumbuhan Digital Economies Dunia, bahkan posisi ke 3 di level Asia Pasific. Pembahasan kali ini akan lebih penjabaran mengenai hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan tersebut, yaitu antara lain :

Peningkatan ASP Internet diperkirakan sampai dengan 18% per tahun

Penyedia layanan aplikasi (bahasa Inggris: application service provider, ASP) adalah suatu bisnis yang menyediakan layanan berbasis komputer untuk pelanggan melalui suatu jaringan. Perangkat lunak yang disediakan dengan model ini sering juga disebut dengan perangkat lunak on-demand atau SaaS (software as a service). Pengertian sangat terbatas dari bisnis ini adalah penyediaan akses untuk suatu program aplikasi tertentu (seperti tagihan medis) menggunakan protokol standar seperti HTTP.

Kebutuhan terhadap ASP telah berkembang karena kenaikan biaya perangkat lunak khusus yang telah jauh melampaui rentang harga usaha kecil dan menengah. Meningkatnya kompleksitas perangkat lunak juga telah menimbulkan biaya besar untuk pendistribusian perangkat lunak ke pengguna akhir. Melalui ASP, kompleksitas dan biaya tersebut dapat dipangkas. Sebagai tambahan, masalah pemutakhiran perangkat lunak juga dapat dihilangkan dengan model ASP ini.

ASP Internet diperkirakan naik 18% per tahun dari US$ 1,89 miliar pada 2018 menjadi US$ 2,96 miliar pada 2020. Pada 2021, ASP Internet akan mencapai US$ 3,30 miliar. ASP merupakan teknologi dimana komponen fisik seperti server dan infrastruktur lainnya dialihkan ke pelanggan, yang kemudian dapat memulai usaha mereka secara independen dengan membayar biaya hanya untuk penggunaan layanan yang mereka butuhkan (as-a-service). Sehingga pertumbuhan ini menunjukkan bahwa peluang Digital Economies di Indonesia masih mampu berkembang lebih baik.

Platform Cloud Computing mendapatkan keuntungan terbesar melalui Public Cloud Business.

Bisnis publik awan merupakan bisnis yang memiliki keuntungan yang paling besar, karena memiliki fleksibilitas beroperasi dengan persepsi dan informasi yang dikumpulkan dari banyak pengguna di seluruh dunia dalam jumlah terbanyak dalam waktu singkat. Semakin banyak pengguna mengakses platform komputasi awan, semakin tinggi peluang Anda untuk menguasai pasar.

Sebanyak 51 persen pelaku usaha di Indonesia belum pernah melakukan transaksi digital karena adanya tantangan di bidang teknis.

Survei yang dilakukan oleh Prospek Digital Economies Indonesia mengungkapkan bahwa 51 persen pemilik bisnis di Indonesia tidak pernah melakukan transaksi digital karena kendala teknis. Survei menemukan bahwa sebagian besar responden belum mengenal teknologi digital dan metode pembayaran online, serta teknik pemasaran online.

Indonesia masih memiliki banyak peluang untuk mengembangkan ekonomi digitalnya
Indonesia memiliki banyak potensi untuk mengembangkan Ekonomi Digitalnya, dan pemerintah mendukung pertumbuhan tersebut dengan investasi sebesar US$2 miliar pada tahun 2019 saja.
“Kami melihat transisi dari analog ke digital,” kata Rizki Rahayu, kepala hubungan perusahaan di perusahaan telekomunikasi milik negara Telkom Indonesia.

Ekonomi Indonesia yang berkembang menawarkan peluang besar bagi investor di ruang digital negara. Negara ini berada di peringkat ke-21 dalam peringkat 2020 “ekonomi paling inovatif” Bloomberg dan memiliki angka pertumbuhan PDB mencapai lebih dari 5% setiap tahun: prospek yang menjanjikan bagi bisnis yang ingin berekspansi ke pasar ini.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa di Indonesia, Digital Economies memiliki potensi untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi secara signifikan. E-commerce dan industri digital adalah segmen yang paling besar atau naik dengan tingkat pertumbuhan tertinggi. Sebagian besar pelaku usaha di Indonesia belum pernah melakukan transaksi digital karena adanya tantangan di bidang teknis.

#ittelkomjkt https://ittelkom-jkt.ac.id

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

digital

Prospek Digital Economies Indonesia

Seperti yang diketahui bahwa E-commerce merupakan sektor bisnis yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk melakukan transaksi pembelian dan penjualan produk atau jasa secara elektronis.

Read More »
aplikasi

Sub Sektor Ekonomi Kreatif : Aplikasi

Sub Sektor Ekonomi Kreatif Aplikasi. Seiring dengan meningkatnya penggunaan gawai oleh masyarakat yang tentu saja melalui Smartphone yang berlomba-lomba menampilkan fitur menarik. Hal ini tak lepas

Read More »

No Comments on Prospek Digital Economies : Internet, Cloud & transaksi

Leave A Comment