Prospek Digital Economies Indonesia

digital

Seperti yang diketahui bahwa E-commerce merupakan sektor bisnis yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk melakukan transaksi pembelian dan penjualan produk atau jasa secara elektronis. Dalam implementasinya E-commerce dapat dilakukan melalui internet, telepon dengan sistem automatics, handphone, atau perangkat lunak lainnya. Sehingga dalam konteks Digital Economies, E-Commerce termasuk di dalamnya

Peningkatan pertumbuhan e-commerce di Indonesia selama beberapa tahun terakhir telah memberikan peluang besar bagi para pelaku usaha untuk membangun bisnis digitalnya. Secara umum, diperkirakan adanya keuntungan US$6 miliar di tahun 2020. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang potensi e-commerce di Indonesia, berikut ini beberapa data yang menyebutkan pertumbuhannya:

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia rata-rata mengalami peningkatan hingga 35 persen dalam tiga tahun terakhir.

E-commerce merupakan sektor yang sedang berkembang di Indonesia. Jumlah pembeli online serta kebiasaan belanja mereka terus meningkat. Pada tahun 2014, ada 20 juta pembeli online di Indonesia yang menghabiskan $2 miliar dan pada tahun 2020 diperkirakan akan ada 42 juta pembeli online dan mereka akan menghabiskan $8 miliar. Artinya tingkat pertumbuhan penjualan e-commerce di indonesia saat ini mencapai 35% per tahun. Hal ini sangat potensial mengingat tingkat signifikansinya lebih tinggi dari negara-negara lain di Asia bahkan dunia.

Selain itu, saat ini perusahaan e-commerce tidak hanya menjual produk tetapi juga layanan seperti konten digital dari aplikasi streaming musik seperti Spotify atau Netflix selain berbelanja segala kebutuhan dari situs web Zalora, Shoopy dll. Perusahaan-perusahaan ini telah menciptakan platform yang memungkinkan pelanggan untuk memilih apa yang mereka inginkan tanpa batasan seperti ruang fisik karena semuanya dapat dilakukan melalui aplikasi ponsel cerdas mereka.

Hal ini memudahkan orang-orang yang tidak punya waktu karena komitmen kerja atau sekolah dan aktivitas lainnya. Perkembangannya tidak berhenti sampai di sini saja. Peningkatan akses segala macam hal seperti layanan kesehatan melalui platform telemedicine seperti Halodoc, sampai dengan Doctor Vision di mana orang bisa mendapatkan saran medis melalui panggilan video terus dikembangkan.

Indonesia posisi ketiga di Asia Pasifik, setelah China dan India.

Sebagai negara besar China dan Amerika Serikat adalah contoh negara dengan ekonomi digital terbesar. Untuk Asia-Pasifik China masih menempati posisi pertama dengan kekuatan digital ekonominya ikuti oleh Indonesia dan India. Indonesia secara resmi menduduki peringkat ketiga ekonomi digital terbesar di Asia-Pasifik, dengan nilai total US$94 miliar (US$39 miliar setiap tahun). Meskipun nilai ini hanya setengah dari China yang US$188 miliar per tahun, namun tumbuh lebih cepat dari negara lain sejak 2013. Pemerintah Indonesia juga telah mengadopsi kebijakan untuk mempromosikan kewirausahaan melalui inisiatif seperti Smart Cities, tujuan Go Digital 2 x 2025 dan inisiatif Start Up Indonesia.

Beberapa langkah tersebut menunjukkan pemerintah sedang dan akan terus aktif menumbuhkan Digital Economies Indonesia menjadi lebih bertaji tepat sasaran dan berkesinambungan. Tentu saja dengan pertimbangan UMKM sebagai pelaku Digital Economies ini sendiri dan mampu menyokong banyak sektor ekonomi lainnya.

#ittelkomjkt https://ittelkom-jkt.ac.id

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

digital

Pengenalan S1 SISTEM INFORMASI

Sekilas Tentang S1 Sistem Informasi Program Studi S1 Sistem Informasi di ITTelkom Jakarta berdiri pada 2 Juni 2021. Prodi S1 Sistem Informasi adalah kesatuan rencana belajar

Read More »

Pengenalan S1 TEKNOLOGI INFORMASI

Sekilas Tentang S1 Teknologi Informasi Program studi S1 Teknologi Informasi di Institut Teknologi Telkom Jakarta berdiri pada 02 Juni 2021. Prodi S1 Teknologi Informasi mengkaji, menerapkan

Read More »
s1-teknik-telekomunikasi-ittj

Pengenalan S1 TEKNIK TELEKOMUNIKASI

Sekilas Tentang S1 Teknik Telekomunikasi Program studi Sarjana Teknik Telekomunikasi di Institut Teknologi Telkom Jakarta berdiri pada pertengahan 2021. Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi ( S1

Read More »
digital

Prospek Digital Economies Indonesia

Seperti yang diketahui bahwa E-commerce merupakan sektor bisnis yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk melakukan transaksi pembelian dan penjualan produk atau jasa secara elektronis.

Read More »
aplikasi

Sub Sektor Ekonomi Kreatif : Aplikasi

Sub Sektor Ekonomi Kreatif Aplikasi. Seiring dengan meningkatnya penggunaan gawai oleh masyarakat yang tentu saja melalui Smartphone yang berlomba-lomba menampilkan fitur menarik. Hal ini tak lepas

Read More »

No Comments on Prospek Digital Economies Indonesia

Leave A Comment