Sub Sektor Ekonomi Kreatif : Aplikasi

aplikasi

Sub Sektor Ekonomi Kreatif Aplikasi. Seiring dengan meningkatnya penggunaan gawai oleh masyarakat yang tentu saja melalui Smartphone yang berlomba-lomba menampilkan fitur menarik. Hal ini tak lepas dari peran aplikasi yang tertanam di dalamnya. Kemudahan dalam menjalankan berbagai aplikasi mobile ini juga menjadi salah satu pendorong tumbuhnya pengembangan aplikasi tersebut. Iklim perubahan inilah yang menjadikan peluang sub sektor yang satu ini menjadi sangat potensial. Melihat pengguna mobile app di Indonesia dengan usia produktif cukup menjadi kekuatan sendiri bagi pasar global.

Belum lagi arah transformasi digital yang menghendaki perubahan proses bisnis dari yang bersifat konvensional menjadi lebih aplikatif dan mobile. Sehingga memicu penciptaan aplikasi baru yang lebih kekinian. Namun tak jarang tingkat efisiensi dari berbagai aplikasi tersebut cenderung mubazir. Bahkan mempertimbangkan banyaknya aplikasi yang dikembangkan pemerintah berencana akan melebur semua aplikasi miliknya dalam sebuah super app.

Menanggapi hal tersebut beberapa pakar mengutarakan bahwa perlu kajian lebih lanjut dan perlu penanganan ekstra dalam urusan pengembangan, keamanan cyber dan juga regulasinya. Sehingga secara potensi, peran dari pelaku dan pengembang App ini akan banyak menyedot sumber daya potensial.

Aplikasi yang banyak beredar seperti peta atau navigasi, media sosial, berita, bisnis, musik, penerjemah, permainan, hingga ke marketplace sangat membantu kehidupan sehari-hari. Pelaku usaha yang menjadikan sektor app ini semakin semarak terus berlomba-lomba mendapatkan hati dari para penggunanya. Ulasan dan pengalaman pengguna menjadi tolak ukur pengguna baru, sehingga dibutuhkan penyempurnaan berkali-kali untuk mendapatkan performa yang optimal.

Terlepas dari daya tariknya, sub sektor ini masih menghadapi berbagai tantangan. Sebut saja keterbatasan sumber daya manusia (SDM) baik secara kuantitas atau kualitas, sedikitnya minat investor pada industri ini, dan belum adanya kebijakan proteksi yang memihak pada kepentingan developer domestik. Situasi inilah yang menyebabkan ekosistem sub sektor ini belum terbangun secara maksimal. ITTelkom Jakarta yang berfokus pada CDE menjadi peluang untuk menyiapkan SDM yang unggul demi kontribusi maksimal dalam sub sektor ini.

#ittelkomjkt https://ittelkom-jkt.ac.id

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

digital

Prospek Digital Economies Indonesia

Seperti yang diketahui bahwa E-commerce merupakan sektor bisnis yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk melakukan transaksi pembelian dan penjualan produk atau jasa secara elektronis.

Read More »
aplikasi

Sub Sektor Ekonomi Kreatif : Aplikasi

Sub Sektor Ekonomi Kreatif Aplikasi. Seiring dengan meningkatnya penggunaan gawai oleh masyarakat yang tentu saja melalui Smartphone yang berlomba-lomba menampilkan fitur menarik. Hal ini tak lepas

Read More »

No Comments on Sub Sektor Ekonomi Kreatif : Aplikasi

Leave A Comment