Sub sektor Ekonomi Kreatif : Televisi dan Radio

televisi-radio

Seiring dengan kebutuhan peningkatan kecepatan dalam mendapatkan informasi. Masyarakat telah lama dimanjakan dengan hadirnya sub sektor ekonomi kreatif Televisi dan Radio ini. Bahkan sempat menjadi tolak ukur keberhasilan seseorang bila sudah banyak muncul di beberapa program televisi. Tentu saja yang berkaitan dengan prestasi dan pencapaian, bukan sensasi bahkan aib sebagai pengisi program kriminal.

Belum lagi kita dihadapkan pada masa-masa kejayaan radio sebagai media komunikasi 2 arah yang sempat melengkapi gejolak muda di era 90an. Betapa senang bila namanya disebut dalam sesi salam-salam. Atau yang paling ringan sekedar mendengarkan band favorit diputar dengan lagu hitsnya. Lantas setelah berselang beberapa lama, apakah sub sektor televisi dan radio ini masih diminati?

Tentu saja menjadi peluang besar untuk bisa mengategorikan sub sektor ekonomi kreatif ini sebagai bagian dari aset menjaring talenta terbaik negeri ini. Jelas terjadi perputaran ekonomi dalam proses produksi hingga penyiaran berlangsung. Sebut saja dalam satu event talk show yang melibatkan narasumber hingga home band. Mulai dari make up, kostum hingga talent band merupakan celah di mana perputaran ekonomi tersebut berlangsung.

Meski tidak secanggih ponsel dan perangkat lainnya, televisi dan radio tetap berperan besar dalam penyebaran informasi. Saat ini, kepemilikan televisi dan radio sudah merata, memberikan akses teknologi ini ke semua lapisan masyarakat. Jumlah stasiun TV dan radio terus bertambah. Namun, pertumbuhan dan potensi ini tidak termasuk program televisi berkualitas tinggi. Sebagian besar program televisi tidak lagi memperhatikan kualitas program yang mereka tayangkan untuk mencari pujian yang tinggi. Ada kekurangan perusahaan produksi dan orang-orang di industri yang dapat merancang program berkualitas.

Kemenparekraf atas nama pemerintah yang mengelola industri kreatif menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan sub sektor televisi dan radio. Pendanaan mencakup banyak hal mulai dari program yang berkualitas, dukungan talenta yang berkualitas, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kreativitas sub sektor ini.

#ittelkomjkt https://ittelkom-jkt.ac.id

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

digital

Prospek Digital Economies Indonesia

Seperti yang diketahui bahwa E-commerce merupakan sektor bisnis yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk melakukan transaksi pembelian dan penjualan produk atau jasa secara elektronis.

Read More »
aplikasi

Sub Sektor Ekonomi Kreatif : Aplikasi

Sub Sektor Ekonomi Kreatif Aplikasi. Seiring dengan meningkatnya penggunaan gawai oleh masyarakat yang tentu saja melalui Smartphone yang berlomba-lomba menampilkan fitur menarik. Hal ini tak lepas

Read More »

No Comments on Sub sektor Ekonomi Kreatif : Televisi dan Radio

Leave A Comment