Tentang Kami

Institut Teknologi Telkom Jakarta

Creative Industry     Digital Economy     Entrepreneurship

Rektor IT Telkom Jakarta

Dr. Ir. Agus Achmad Suhendra, M.T

Institut Teknologi Telkom Jakarta (disingkat ITTelkom Jakarta) adalah perguruan tinggi swasta yang dibentuk oleh Yayasan Pendidikan Telkom. Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, nomor 232/E/O/2021, pada tanggal 2 Juni 2021, ITTelkom Jakarta resmi berdiri dan merupakan transformasi dari Akademik Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta yang telah ada sejak tahun 2002.

Perubahan bentuk menjadi institut bertujuan untuk peningkatan kapasitas lembaga sekaligus mewujudkan cita-cita civitas akademika untuk memberi warna pada pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dan inovasi masa depan dalam penerapan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) pada bidang industri kreatif (creative industry), ekonomi digital (digital economy), dan kewirausahaan (entrepreneurship). Sejalan dengan semangat ITTelkom Jakarta dan untuk mewujudkan cita-cita tersebut ITTelkom Jakarta memiliki moto “Innovation for the Future”

Visi Institusi

Menjadi perguruan tinggi berstandar internasional yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan fokus pada aplikasi di bidang industri kreatif, ekonomi digital dan kewirausahaan untuk mendukung peningkatan daya saing bangsa Indonesia.

Misi Institusi
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berstandar internasional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan fokus pada aplikasi di bidang industri kreatif, ekonomi digital dan kewirausahaan.
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diakui secara internasional.
  • Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama penerapannya pada pengembangan industri kreatif, ekonomi digital dan kewirausahaan.
Sejarah

Institut Teknologi Telkom Jakarta atau disingkat ITTelelkom Jakarta merupakan perguruan tinggi swasta milik Yayasan Pendidikan Telkom. ITTelkom Jakarta merupakan transformasi dari Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta atau yang lebih sering dikenal sebagai Akademi Telkom Jakarta atau Akatel Jakarta yang telah beroperasi sejak 13 Mei 2002. Berikut paparan singkat tentang sejarah ITTelkom Jakarta.

2021

ITTelkom Jakarta berdiri pada tanggal 2 Juni 2021, sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, nomor 232/E/O/2021. ITTelkom Jakarta merupakan transformasi dari Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta atau yang yang lebih sering dikenal sebagai Akademi Telkom Jakarta atau Akatel Jakarta, yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 2002. ITTelkom Jakarta didirikan berdasarkan cita-cita civitas academica yang dirumuskan dalam pernyataan visinya, yaitu menjadi perguruan tinggi berstandar internasional yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan fokus pada aplikasi di bidang industri kreatif, ekonomi digital dan kewirausahaan untuk mendukung peningkatan daya saing bangsa Indonesia. Perubahan bentuk menjadi institut dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan, perwujudan cita-cita civitas academica untuk mengembangkan kontribusi pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi bagi masyarakat yang lebih luas dan lebih kuat, untuk mengantisipasi dinamika perkembangan pendidikan tinggi, serta untuk merespons perkembangan kebutuhan masyarakat yang semakin pesat sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta Industri 4.0.

2019

Sebagai institusi vokasi di bawah LLDIKTI III, Akatel Jakarta selalu berusaha untuk meningkatkan mutu institusi dan pada tahun 2019 Akademi Telkom Jakarta meraih prestasi sebagai 100 Perguruan Tinggi Vokasi Terbaik yang mendapat penghargaan dari Kemristekdikti pada tanggal 2 September 2019.

Beberapa prestasi lain pun berhasil diperoleh Akatel Jakarta di tahun 2019. Akatel Jakarta mampu berada di peringkat ke-63 berdasarkan pemeringkatan Kemristekdikti dan klasterisasi Wilayah III Jakarta. Ini adalah suatu prestasi dan tantangan tersendiri bagi Akademi Telkom Jakarta untuk bisa lebih baik lagi dalam hal Tridarma Perguruan Tinggi, tata kelola, sumber daya manusia (SDM), mahasiswa, dan bahkan alumninya.

Akatel Jakarta selalu mengikuti perkembangan isu-isu positif terkait Pendidikan. Salah satunya adalah UI Green Metric yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia. Akatel Jakarta berhasil memperoleh peringkat 71 UI Green Metric World University Ranking pada tanggal 3 Desember 2019. Selain itu masih ditahun yang sama, Akatel Jakarta berhasil memperoleh peringkat 4148 pada peringkat Perguruan Tinggi dunia Webometrics.

2018

Peningkatan sistem manajemen mutu pendidikan Akatel Jakarta terus dilakukan sejak awal pendirian hingga tahun 2018. Pada tahun 2018, Akademi Telkom Jakarta mengadopsi sistem manajemen internasional dan telah tersertifikasi ISO 19001:2015 pada tanggal 31 Mei 2018 oleh Bureau Veritas.

Masih tahun 2018, sebagai institusi yang sudah cukup lama berdiri, Akademi Telkom Jakarta merasa perlu untuk meningkatkan mutunya dengan mendaftarkan pengajuan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT). Akademi Telkom Jakarta memperoleh predikat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tanggal 24 Juli 2018 sesuai dengan SK Nomor 156/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2018.

Pondasi sistem manajemen mutu pendidikan dan tata kelola Akatel Jakarta yang sudah mulai berjalan dengan baik, maka pada tahun 2018 dicanangkan sebagai tahun kreatifitas dan inovasi. Di tahun ini, pertama kali Akatel Jakarta mengadakan seminar nasional, yaitu Centis.

2017

Pada tahun 2017, Akatel Jakarta kembali mengajukan Akreditasi Program Studi (APS) D3 Teknik Telekomunikasi yang sudah habis masa berlakunya. Dengan meningkatkan mutu dan sarana pendidikan, Akademi Telkom Jakarta kembali memperoleh APS dengan predikat B untuk program studi D3 Teknik Telekomunikasi.

2015

Pada awal perjalanannya hingga tahun 2015, Akatel Jakarta menjadi lembaga pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT). Dengan adanya kebijakan dari PT. Telkom mengenai penggabungan yayasan, tahun 2015 Akatel Jakarta dialih kelola ke Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) merupakan afiliasi PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) yang mengelola lembaga pendidikan tinggi, yakni Universitas Telkom.

2012

Setelah 10 tahun berjalan, pada tahun 2012 Akatel Jakarta mengajukan Akreditasi Program Studi (APS) untuk pertama kalinya. Persiapan proses akreditasi ini sudah dipersiapkan sejak tahun 2010. Meskipun dengan berbagai keterbatasan, namun dengan kerja keras dan tekad yang kuat, sesuai dengan SK NOMOR 015/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/VII/2012 Akatel Jakarta mampu memperoleh APS dengan predikat B untuk Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi.

2003

Awalnya Akatel Jakarta menggunakan gedung yang sama dengan SMK Telkom Jakarta. Pembangunan gedung Akademi Telkom Jakarta di Daan Mogot dimulai setelah satu tahun pendirian Akatel Jakarta. Awalnya lahan Akatel Jakarta difungsikan sebagai Perpustakaan SMK Telkom, warung telepon (wartel) dan mushola. Pembangunan gedung dibangun kurang lebih satu tahun secara bertahap. Penyebab pindahnya perkuliahan dari gedung lama (SMK telkom) ke gedung baru karena adanya perbedaan budaya antara mahasiswa dengan siswa. Tahun 2005 proses administrasi dan perkuliahan sudah mulai dilaksanakan di gedung baru Akatel Jakarta.

2002

Proses terbentuknya Akatel Jakarta tidak lepas dari pendirian SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta (sekarang SMK Telkom Jakarta) pada tahun 1992 dan bertempat di Plaza Telkom Slipi. Pada tahun 2000, SMK Telkom Jakarta resmi pindah ke Jalan Daan Mogot, Cengkareng-Jakarta Barat.

Proses pendirian Akatel Jakarta bermula dari usulan Ibu Nasution (kepala Yayasan Sandhykara Putra Telkom kepada Bapak Drs. Adang Ridwan (Kepala Sekolah SMK Telkom Jakarta) yang memiliki keinginan untuk membentuk sebuah akademi. Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT) merupakan afiliasi dari PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) yang mengelola lembaga pendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah hingga pendidikan tinggi. Melihat prospek jurusan telekomunikasi yang masih langka terutama di DKI Jakarta dan kebutuhan pasar industri untuk mengembangkan SMK Telkom kepada tingkatan yang lebih tinggi lagi setara perguruan tinggi serta mengarahkan lulusan untuk siap terjun langsung ke lapangan menjadi alasan utama pendirian Akatel Jakarta. 

Proses pendirian Akatel Jakarta saat itu tidaklah mudah, banyak personil yang terlibat dalam penyusunan berkas baik dari internal maupun eksternal kampus. Kontribusi dosen Akademi Telkom Purwokerto dan guru-guru SMK Telkom Jakarta turut andil dalam pendirian Akatel Jakarta. Pada awal tahun 2002 berkas pendirian Akatel Jakarta diajukan dan tidak berselang lama, tepatnya pada 13 Mei 2002, Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta secara resmi menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta Barat dengan satu program studi, yakni D3 Teknik Telkomunikasi.