FAKTA TENTANG

Institut Teknologi Telkom Jakarta

Creative Industry     Digital Economy     Entrepreneurship
Top 100 PT Terbaik UI GreenMetric

Atas berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan soliditas yang tinggi serta upaya yang dilakukan secara maksimal oleh seluruh Tim UI GreenMetric 2021, Alhamdulillah IT Telkom Jakarta di tahun 2021 ini mendapatkan pemeringkatan UI GreenMetric yang meningkat baik secara global maupun nasional.  Peringkat Universitas Dunia UI GreenMetric adalah acara publikasi tahunan peringkat universitas di dunia yang dilaksanakan oleh UI GreenMetric. UI GreenMetric adalah salah satu program dari Universitas Indonesia. UI GreenMetric menilai universitas berdasarkan komitmen dan tindakan universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

Pemeringkatan berdasarkan kepedulian universitas pada 6 kriteria dengan 82 indikator meliputi

  1. Pengaturan Lahan dan Infrastruktur (SI): berbagai pengaturan gedung dan lingkungan universitas dalam menuju lingkungan hijau.
  2. Energi dan Perubahan Iklim (EC): Perhatian universitas terhadap penggunaan energi, alternatif energi dan masalah perubahan iklim.
  3. Sampah (WS) : Perlakuan dan daur ulang sampah dan limbah yang ada di universitas
  4. Air (WR): Program universitas untuk menghemat penggunaan air.
  5. Transportasi (TR) : Program universitas untuk transportasi ramah lingkungan.
  6. Edukasi (ED): Peranan Universitas dalam membina generasi hijau, dengan pendidikan, penelitian, dan aktivitas penunjang.

Institut Teknologi Telkom Jakarta (ITTelkom Jakarta) telah berpartisipasi pada event UI Green Metric sejak tahun 2019. Secara Global IT Telkom Jakarta naik peringkat secara signifikan dari peringkat 816 di tahun 2020 menjadi peringkat 675 di tahun 2021.

Berdasarkan penilaian UI GreenMetric tingkat nasional, Institut Teknologi Telkom Jakarta (ITTelkom Jakarta) naik dengan capaian peringkat ke-64 pada tahun 2021 di Indonesia dari 101 universitas yang sebelumnya di tahun 2020 diikuti oleh 88 universitas.

Pengumuman yang dilakukan secara hybrid pada hari Selasa (14/12) di kampus UI Depok, disaksikan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc.,DIC., Ph. yang mewakili Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI; Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A., yang mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI; Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D.; dan Ketua UI GreenMetric Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM., serta para pimpinan perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri. Capaian ini sekaligus menunjukan bahwa IT Telkom Jakarta selama ini terus berkomitmen untuk mensukseskan ketercapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) yang merupakan inti dari 6 kriteria penilaian UI GreenMetric. Atas dasar komitmen terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan inilah, IT Telkom Jakarta bertekad untuk secara terus menerus meningkatkan peringkat UI GreenMetric ini di tahun tahun mendatang.  ITTelkom Jakarta terus berupaya menjadi Green Campus, yaitu kampus yang memiliki komitmen tinggi dalam membangun culture peningkatan efisiensi energi, konservasi sumberdaya, peningkatan kualitas lingkungan area kampus dengan mendidik untuk menciptakan hidup sehat, sustain dan lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman bagi civitas ITTelkom Jakarta. Untuk itu pada kesempatan ini, Rektor Institut Teknologi Telkom Jakarta, Dr. Ir. Agus Achmad Suhendra menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Tim UI GreenMetric IT Telkom Jakarta yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. “Namun demikian apa yang sudah dicapai ini diharapkan tidak menyebabkan sikap berpuas diri, namun sebaliknya dengan semangat perbaikan berkelanjutan (Continuous Improvement), Tim UI GreenMetric IT Telkom Jakarta terus melakukan langkah langkah perbaikan dengan memperbaiki setiap opportunity for improvements yang ada. Insyaa Allah dengan komitmen dan upaya perbaikan yang terus kita lakukan peringkat UI GreenMetric IT Telkom Jakarta akan terus meningkat, dan kontribusi dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) juga makin besar.”  Aamiin.

https://greenmetric.ui.ac.id/rankings/overall-rankings-2021